Kamis, 07 Mei 2020

Pesantren Ramadhan Kelas 8A


Materi Pesantren Ramadhan

PENGERTIAN BIRRUL WALIDAIN


 Hari   : Jumat, 08 Mei 2020
 Kelas : 8A (Jam ke 3, 4, 5)


1.PENGERTIAN BIRRUL WALIDAIN


Birrul walidain artinya berbakti kepada orang tua. Birrul walidain adalah hal yang diperintahkan dalam agama. Oleh karena itu bagi seorang muslim, berbuat baik dan berbakti kepada orang tua bukan sekedar memenuhi tuntunan norma susila dan norma kesopanan, namun yang utama adalah dalam rangka menaati perintah Allah Ta’ala dan Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam. Allah Ta’ala berfirman:
وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا
“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua” (QS. An Nisa: 36).



Perhatikanlah, dalam ayat ini Allah Ta’ala menggunakan bentuk kalimat perintah. Allah Ta’ala juga berfirman:
قُلْ تَعَالَوْا اَتْلُ مَا حَرَّمَ رَبُّكُمْ عَلَيْكُمْ اَلَّا تُشْرِكُوْا بِهٖ شَيْـًٔا وَّبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًاۚ
“Katakanlah: “Marilah kubacakan apa yang diharamkan atas kamu oleh Tuhanmu, yaitu: janganlah kamu mempersekutukan sesuatu dengan Dia, berbuat baiklah terhadap kedua orang tua..” (QS. Al An’am: 151).
Dalam ayat ini juga digunakan bentuk kalimat perintah. Allah juga berfirman:
وَقَضَى رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا
“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya” (QS. Al Isra: 23).



عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَالَ سَأَلْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الْعَمَلِ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ قَالَ الصَّلَاةُ عَلَى وَقْتِهَا قَالَ ثُمَّ أَيٌّ قَالَ بِرُّ الْوَالِدَيْنِ قَالَ ثُمَّ أَيٌّ قَالَ الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ حَدَّثَنِي بِهِنَّ وَلَوْ اسْتَزَدْتُهُ لَزَادَنِي.
Dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: “Aku bertanya kepada nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Amal apakah yang paling dicintai Allah?’. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: ‘Shalat tepat pada waktunya.’ Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu bertanya lagi: ‘Kemudian amal apa lagi?’ Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: ‘Berbakti kepada kedua orang tua.’ Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu bertanya lagi: ‘Kemudian amal apa lagi? Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: ‘Jihad di jalan Allah’. (Setelah menyampaikan hadits ini) Abdullah nin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata:   “Telah disampaikan kepadaku dari Rasuluullah shallallahu ‘alaihi wa sallam hal-hal ini, seandainya aku menambah pertanyaan (kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam) tentu akan ditambahkan kepadaku jawaban lainnya” (HR.Bukhari)
Dalam hadits ini disebutkan bahwa ‘Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu—salah satu ahli fiqih di kalangan shahabat—bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,
أَيُّ الْعَمَلِ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ
“Amal apakah yang paling dicintai Allah?”
Diantara jawaban yang beliau sampaikan adalah,
بِرُّ الْوَالِدَيْنِ
“Berbakti kepada kedua orang tua.”
Dalam hadits ini birrul walidain disebut oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam setelah as-shalatu ‘ala waqtiha, dan sebelum al-jihadu fi sabilillah. Hal ini mengisyaratkan bahwa selain as-shalatu ‘ala waqtiha dan al-jihadu fi sabilillah, birrul walidaian adalah termasuk amal yang utama dan perlu diperhatikan dengan sungguh-sungguh oleh setiap muslim.
Selain ayat-ayat di atas, masih banyak firman Allah yang menegaskan di dalam Al-Quran mengenai kewajiban berbakti kepada orang tua, seperti pada Surat Al-Ankabut ayat 8.

Tuliskan Ayat tersebut beserta artinya, kerjakan di buku catatan kemudian silahkan di foto dan di kirim ke Email ibu faradibaarifin25@gmail.com paling lambat jam 15.00 WIB atau jam 3 sore.  


Tuliskan tanggapan dan komentar kalian di kolom komentar sebagai absen ! 




20 komentar:

  1. Baik bu terimakasih
    -ikhsan 8a

    BalasHapus
  2. Terimakasih materinya mam
    -dara 8a

    BalasHapus
  3. Oke bu, terima kasih
    -thabitha 8a

    BalasHapus
  4. Ok bu terima kasih,tugasnya
    -vika 8A

    BalasHapus
  5. Oke,terima kasih ya mam
    ——Rafeifa {8a}

    BalasHapus
  6. Oke mam terima kasih
    -akbar 8a

    BalasHapus
  7. Terimakasih mem:)
    Mayviska Rudinawati 8A

    BalasHapus
  8. Saya kemarin Rabu sudah mengerjakan mem, jadi gimana ya mem?

    BalasHapus
  9. Ok Bu terimakasih
    Nabila Putri 8a

    BalasHapus
  10. Ok mam,terima kasih
    -firza8a

    BalasHapus
  11. Ok mam terima kasih
    Zaky 8a

    BalasHapus
  12. Ok bu, terimakasih
    ~Attardika l. 8A

    BalasHapus
  13. Oke bu fara, terima kasih atas materi nya

    -dhiki 8A

    BalasHapus

POSTES KELILING DAN LUAS SEGIEMPAT

Selasa & Kamis, 4 & 6 Mei 2021 POSTES KELILING DAN LUAS SEGIEMPAT Guru                : Fara Dibah, S.Pd Mapel             : Matemat...